Kamis, 14 Agustus 2014

Cara Mengganti Template


Cara Mengganti Template Blog
Panduan cara mengganti template blog (mengubah tampilan) ini tentu untuk blogger baru yang belum tahu cara mengubah tampilan blognya. Namun, blogger lama juga bisa "mengintip"-nya, siapa tahu ada "hal baru" dalam tutorial dasar blogging ini ^_^.

*** Biar mudah dalam mengikuti panduan ini, silakan DOWNLOAD dan Print, sudah termasuk cara membuat blog lengkap.

Yang dimaksud mengganti template blog di sini bukan ganti template dengan yang disediakan blogspot, tapi menggantinya dengan template hasil download dari situs-situs penyedia template blog seperti:

Cara Mengganti Template Blog:

  1. Download Templatenya. Pilih template yang clean, fast loading, dan SEO Friendly. Baca review templatenya (jika ada). Anda bisa Test ke-SEO-an demo templatnya di Chkme. Test loadingnya di GTMetrix.
  2. Jika hasil download berupa file ZIP atau RAR, ekstrak file tersebut (caranya: klik kanan > exctract to [nama file]) sehingga menjadi file ekstensi XML. Jika menjadi lebih dari satu file, "amankan" yang berekstensi XML. File lain biasanya berupa "readme" atau panduan instalasi dan link.
  3. Login ke Blogger. Ketik www.blogger.com di address bar browser Anda.
  4. Klik menu Template / Tampilan di kiri bawah Dashborad Blog.
  5. Klik menu Backup/Restore (Cadangkan/Pulihkan) di kanan atas Dashboard Blog.
  6. Klik Choose File / Pilih File. Klik file ekstensi XML yang sudah didownload/diekstrak.
  7. Klik Upload (Unggah). Tunggu hingga selesai.
  8. Beres! Selamat, tampilan blog Anda sudah berubah!
Cara Mengganti Template Blog
Cara Mengganti Template Blog

Cara Mengganti Template Blog

Cara Mengganti Template Blog

Video Cara Ganti Template Blog


Mengganti Template Blog: Tahap Lanjutan 

Mengganti template belum benar-benar selesai setelah langkah ke-7 tadi. Masih ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, di antaranya:
  1. Mengganti Logo. Ini jika di template baru Anda ada logo gambar. Ganti dengan logo versi Anda di menu Lay Out (Tata Letak) > Header. Kadang-kadang ada template yang logonya di dalam (kode HTML), cari file tersebut dan ganti dengan URL logo Anda.
  2. Mengganti Menu. Ganti nama-nama menu dan link-nya dengan menu yang Anda inginkan. Caranya, klik Template > Edit HTML > cari menu tersebut (CTRL+F) dan Ganti/Ubah.
  3. Kadang-kadang ada template yang menu HOME-nya menggunakan link desainer template. Cek menu dan link home di dalam template. Jika linknya seperti ini, <a href='/'>HOME</a>, tidak usah diubah, sudah benar. Jika tidak begitu, ganti menjadi begitu ^_^
  4. Anda bisa mengganti warna huruf dan warna lainnya dengan mengganti kode warna yang ada. Lihat > kode warna HTML.
  5. Cek link RSS Feed/Subscribe, apakah masih kosong atau menggunakan FeedBurner ID yang lain. Ganti dengan FeedBurner ID Anda.
  6. Cek juga link SEARCH (jika ada). Arahkan link searchnya ke blog Anda (jika ada nama blog lain, ganti dengan nama blog Anda). Misalnya, ada kode begini: <form id="searchform" action="http://mazinamaman.blogspot.com/search".../>, maka ganti dengan nama blog Anda.
  7. Cek link footer bagian "Copyright (c) Tahun NAMA BLOG. All right reserved", apakah sudah mengarah ke nama blog Anda atau ke nama blog lain. Jika yang muncul nama blog lain, misalnya nama template, ganti dengan nama blog Anda. Umumnya sih sudah mengarah ke nama blog Anda. Tapi ada juga yang menggunakan nama template.
Masih banyak langkah lain untuk mempercantik blog. Jika ngerasa "ribet" dengan subjudul "Tahap Lanjutan", maka pilih saja template blog yang sudah disediakan CB Blogger. Dijamin, aman dan SEO friendly! Good Luck and Happy Blogging!
copyright by mazina

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.